SMP Alam Lampung Terapkan Kurikulum Green Education

Waka Humas Sekolah Alam Lampung Julyani Laila Mustika menjelaskan SMP Alam Lampung menggunakan kurikulum Green Education.

Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri
SMP Alam Lampung menerapkan Kurikulum Green Education. 

Tribunlampungwiki.com, Bandar Lampung - Kurikulum SMP Alam Lampung didesain dengan sistem project semua mata pelajaran diramu mengarah pada project yang sedang berjalan.

Sebagai sekolah Islam, selain pembiasaan dalam beribadah seperti salat Duha, salat Duhur dan Asar, siswa juga setiap hari dibimbing dalam perbaikan bacaan dan menambah hafalan Alquran (tahsin dan tahfidz).

Waka Humas Sekolah Alam Lampung Julyani Laila Mustika menjelaskan bahwa sekolahnya menggunakan kurikulum Green Education khas Sekolah Alam Lampung.

"Kurikulum Sekolah Alam Lampung adalah Green Education khas Sekolah Alam. Dimana kurikulum nasional untuk jenjang SD, SMP dan SMA diramu kembali sehingga pendekatan belajar yang digunakan memungkinkan siswa dapat berkembang potensinya secara lengkap," ujar Julyani, Senin (1/8/2022).

Kurikulum jenjang SMP Alam Lampung yang meramu kembali kurikulum nasional dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran, kemudian kompetensi pelajaran tersebut dikembangkan ke dalam project yang dilaksanakan oleh siswa.

Baca juga: Profil SD Fransiskus 2 Bandar Lampung

Proyek yang diselenggarakan adalah kelompok proyek yang didukung dengan laboratorium hijau (green laboratory) yang dimiliki Sekolah Alam Lampung.

Adapun proyek tersebut yaitu Proyek Pertanian Organik (Bioteknologi), Proyek Budaya, Proyek Teknologi Informasi dan Komunikasi, Proyek Sains, dan Proyek Personal yang digagas sendiri oleh siswa sesuai minat, bakat dan cita-citanya berbisnis. 

"Untuk menambah wawasan, gambaran nyata, melatih dan membiasakan siswa dengan project yang sedang berjalan, siswa diwajibkan mengikuti program magang dan atau melakukan kunjungan ilmiah (outing) ke narasumber atau pelaku langsung," tambahnya.

Tujuan kegiatan ini adalah membiasakan siswa belajar dari pengalamannya dan melakukan sendiri apa yang dipelajarinya itu.

Pada jenjang SMP Alam Lampung, beberapa fokus kurikulum diarahkan kepada:

1. Proses magang dan mengelola proyek (proyek bioteknologi, proyek budaya, proyek TIK dan proyek personal).

2. Melatih jiwa wirausaha (bekerja keras, pantang menyerah, amanah, ulet, kreatif, tangguh, unggul dan berani memimpin).

3. Berwawasan global dan berbudaya (tanggap teknologi informasi dan komunikasi, pelestari budaya Lampung).

4. Belajar dengan mengalami dan melakukan sendiri, belajar dari pengalaman orang lain (outing).

5. Pemantapan diri menghadapi UN.

Siswa SMP Alam Lampung diharapkan dapat menghafal hingga juz 29 (2 juz).

Proses ini dilakukan dengan beberapa kegiatan menurut waktunya yaitu morning activity (salat Duha, hafalan), salat Duhur berjamaah, mentoring dilanjutkan dengan salat Asar berjamaah.

( Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1633 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved