Produk Unggulan Karya Siswa SMKN 8 Bandar Lampung, Sabun Cuci Piring hingga Handsanitizer

Menurut Kepala SMK Negeri 8 Bandar Lampung Firdaus, sekolah ini telah memiliki produk-produk unggulan yang dibuat oleh siswanya.

Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri
Siswa SMK Negeri 8 Bandar Lampung mampu menghasilkan produk yang bernilai ekonomi. 

Tribunlampungwiki.com, Bandar Lampung - Menciptakan suatu karya untuk membuka peluang usaha adalah suatu hal yang ditanamkan dalam sebuah pendidikan sejak dini.

Menurut Kepala SMK Negeri 8 Bandar Lampung Firdaus, sekolah ini telah memiliki produk-produk unggulan yang dibuat oleh siswanya.

"Alhamdulillah kita juga telah memiliki produk yang dibuat langsung oleh anak-anak kita di SMK Negeri 8 Bandar Lampung ini. Bahkan mereka juga sudah membuat handsanitizer sendiri dan produk kesehatan seperti minuman jahe merah," kata Firdaus, Rabu (6/7/2022).

Firdaus mengatakan pentingnya fasilitas yang dapat menunjang kegiatan sehingga mampu menghasilkan anak-anak yang kreatif.

Baca juga: Profil SMK Negeri 8 Bandar Lampung

Berikut produk-produk unggulan SMK Negeri 8 Bandar Lampung yang telah berizin:

1. Sabun Cuci Piring

Produk dari rumpun kimia industri dikembangkan oleh kompetensi keahlian kimia industri dan analisis pengujian laboratorium yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah sabun cuci piring Chimiklin.

Seperti diketahui, sabun cuci piring merupakan kebutuhan bagi rumah tangga, restoran, kantin atupun usaha lain yang melakukan kegiatan membersihkan peralatan makan dan dapur.

Kebutuhan akan sabun cuci piring menjadi kebutuhan pokok, namun bukan kebutuhan primer, sehingga permintaan akan sabun cuci piring akan terus meningkat.

Dengan pengembangan produk cuci piring yang tidak hanya memproduksi namun juga memasarkan, maka beberapa kompetensi keahlian dapat bekerja sama dan mengambil peran sesuai dengan kemampuan masing-masing dalam pengembangan produk ini mulai dari produksi, pengemasan, membuatan label, promosi online dan offline, pemasaran hingga membuatan laporan keuangan.

Dengan begitu, sabun cuci piring tidak lagi menjadi produk kompetensi keahlian, namun menjadi produk unggulan sekolah.

Sabun cuci piring Chimiklin telah memiliki izin edar dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dengan nomor SPKRT.611871P090201003.

Untuk saat ini sabun dibuat dalam beberapa kemasan ekonomis ukuran 500 ml, 750 ml, dan 1.000 ml.

2. Jahe Instan

Jahe Instan, produk dari rumpun kimia industri dikembangkan oleh kompetensi keahlian kimia industri dan analisis pengujian laboratorium minuman jahe instan yang sehat dan mampu menjaga imun tubuh.

Terbuat dari bahan berkualitas tanpa bahan pengawet.

Menggunakan gula aren yang aman bagi penderita diabetes dan produk telah memiliki izin edar dengan nomor P-IRT 21318710927-26.

3. Digital Printing

Dengan peralatan praktik bidang desain komunikasi visual yang sudah berstandar industri, seperti printer sublim bagi banner dan printer tekstil, kamera dengan resolusi tinggi, SMK Negeri 8 Bandar Lampung dapat memfasilitasi siswanya untuk praktik langsung.

Dengan digital printing, mereka dapat mencetak banner, baliho, spanduk, tekstil seperti sablon kaus jersey, jilbab, mug, kalender, dan stiker.

Siswa juga bisa menerima jasa foto, baik indoor maupun outdoor.

4. Handsanitizer

Handsanitizer ini dikembangkan oleh kompetensi keahlian kimia industri dan analisis pengujian laboratorium.

Bentuk spray dengan aroma khas yang mangandung alkohol lebih dari 80 persen sehingga mampu membunuh kuman, bakteri dan virus.

( Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1596 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved