Sejarah SMA Xaverius Bandar Lampung, Ternyata Sudah Berdiri Sejak Tahun 1961

SMA Xaverius Bandar Lampung beralamat di Jalan Cendana No31, Rawa Laut, Enggal, Kota Bandar Lampung

Tribunlampungwiki.com / Resky ms
SMA Xaverius Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - Lampung'>Bandar Lampung'>SMA Xaverius Lampung'>Bandar Lampung berdiri sejak tahun 1961.

SMA ini merupakan salah satu sekolah menengah atas swasta Katolik di Kota Lampung'>Bandar Lampung yang beralamat di Jalan Cendana No 31, Rawa Laut, Enggal, Kota Lampung'>Bandar Lampung.

Martha Rini Suharti, selaku Humas Lampung'>Bandar Lampung'>SMA Xaverius Lampung'>Bandar Lampung mengatakan, tujuan awal didirikan sekolah ini untuk menampung lulusan SMP, khususnya dari SMP Xaverius Teluk Betung yang hendak menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

"Pada tahun 1961, tepat pada bulan Agustus, Lampung'>Bandar Lampung'>SMA Xaverius Lampung'>Bandar Lampung berdiri dengan tujuan untuk menampung lulusan SMP yang akan menempuh pendidikan yang lebih tinggi," kata Rini, Rabu (15/6/2022).

Pada waktu itu, sekolah menengah atas masih sangat sedikit.

Hanya ada SMA Negeri Tanjung Karang yang kini menjadi SMA Negri 1 Tanjung Karang dan sebuah sekolah swasta.

"Dengan modal 4 lokal kelas, kerja keras, gotong royong, dan semangat, akhirnya SMA Xaverius dapat berkembang. Pada tahun-tahun berikutnya, jumlah siswa terus bertambah banyak, maka dibangunlah gedung-gedung baru, ditambahlah tenaga pengajar, pegawai, dan sarana prasarana penunjang lainnya," tambahnya.

Seiring dengan peningkatan sarana dan prasarana sekolah, penyelenggara sekolah juga meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajarannya.

Tahun pertama, SMA Xaverius hanya menampung 65 siswa yang terdiri dari 30 siswa jurusan B atau ilmu pasti dan 35 siswa jurusan C atau ilmu sosial.

Pada tahun kedua, yakni tahun ajaran baru 1962/1963, kegiatan sekolah sudah dipindahkan ke Rawalaut (dulu Pahoman).

Dengan bangunan permanen 4 lokal kelas, ditopang kerja keras, gotong royong, dan doa, SMA Xaverius dapat berjalan dengan baik di lokasi baru ini. 

Baca juga: Profil SMP Xaverius 1 Bandar Lampung, Ternyata Sudah Berdiri Sejak Tahun 1957

Adapun visi Lampung'>Bandar Lampung'>SMA Xaverius Lampung'>Bandar Lampung yaitu Manusia muda yang unggul dalam Humanitas, Kecerdasan, Kejujuran, Kedisiplinan, dan Pelayanan (HK3P).             

1. Unggul dalam humanitas

Menghargai dan mengembangkan segenap potensi dalam setiap pribadi agar menjadi manusia yang bermartabat sebagai citra Allah.

Menyapa orang lain terlebih dahulu dengan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, setulus hati), berperilaku pantas, ramah, dan  rendah hati.

Bersyukur terhadap kebaikan Tuhan, alam maupun sesama melalui doa, ucapan, dan perilaku.

Membiasakan diri mengucapkan terima kasih, tolong, maaf, dan permisi

Membantu teman yang lemah baik dalam hal fisik dan intelektual.

Menghargai keanekaragaman/kebhinekaan sesama peserta didik.

Mengunjungi, mendoakan,  membantu warga sekolah  yang sakit dan terkena musibah.

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1568 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved