SMP Quran Darul Fattah Bandar Lampung Buat Program Pembelajaran Berbasis Karakter dan Skill

SMP Quran Darul Fattah Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi sepuluh besar di Bandar Lampung

Tribunlampungwiki.com / Resky ms
SMP Quran Darul Fattah Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - SMP Quran Darul Fattah Lampung'>Bandar Lampung merupakan salah satu dari 10 sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi di Lampung'>Bandar Lampung.

Waka Kurikulum Lampung'>Bandar Lampung'>SMP Quran Darul Fattah Lampung'>Bandar Lampung, Usawatun Hasanah menyampaikan, beberapa sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah untuk menambah pengetahuan anak-anak menjelang ujian nasional.

"SMP Quran Darul Fattah Lampung'>Bandar Lampung tetap dengan menerapkan sistem kurikulum 2013 dan untuk kelas sembilan khususnya menjelang Ujian Nasional biasanya kita lakukan latihan tryout untuk melatihnya dan kita juga melakukan sistem pembelajaran kelompok untuk mengetahui masing-masing kekurangan anak," kata Waka Kurikulum SMP Quran Darul Fattah, Rabu (8/6/2022).

Panduan pengembangan kurikulum SMP Qur’an Darul Fatah disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar untuk memahami dan menghayati, belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Komponen utama Kurikulum SMP Qur’an Darul Fatah (SMPQ-DF) terdiri dari :

Pendahuluan.

Struktur, Muatan Kurikulum dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Kalender Pendidikan.

Analisis dan Profil Sekolah.

Lampiran-Lampiran (Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), KKM, Program Pengembangan Diri dan SK Tim Penyusun.

"SMP Quran Darul Fattah Lampung'>Bandar Lampung terus mengamati perkembangan pendidikan di negara kita dan berinovasi guna menghasilkan generasi- generasi terbaik yang memiliki kemampuan kompetensi dan skill yang siap bersaing bukan hanya di dalam negeri namun hingga manca anegara," jelasnya.

Menyikapi kondisi tersebut Lampung'>Bandar Lampung'>SMP Quran Darul Fattah Lampung'>Bandar Lampung membuat program pembelajaran berbasis karakter dan skill.

Program-program tersebut yaitu Takhasus Al-Quran dan Takhasus Bahasa Arab.

Landasan membuka program tersebut karena SMP Quran Darul Fattah ingin menggali lebih dalam kemampuan para siswa dalam bidang tersebut dan ingin memiliki lulusan yang
menyelesaikan 30 Juz dalam kurun waktu 1,5tahun serta dapat menafsirkan kandungan dalam setiap ayat di al-qur’an menggunakan bahasa arab sehingga bukan hanya hafidzh quran namun kecapakan berbicara serta berpikirnya mampu bersaing di kancah international.

Hal tersebut guna menunjang kempuan intelektualnya dalam proses pembelajaran lulusan dari program inipun mendapatkan pendampingan khusus terkait materi akademis sosial dan ekskak dalam pembelajaran literasi.

Sekolah Menengah Pertama Quran Darul Fattah adalah sekolah menengah islami yang bermuatan kurikulum gabungan antara kurikulum Sekolah Menengah Unggulan Diknas dan Pondok Pesantren yang memiliki kekhasan yaitu:

a. Penguasaan pondasi Dienul Islam.

b. Kemampuan Tahfizh Al-Qur’an yang berkualitas.

c. Kemampuan bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris).

d. Kemampuan Daya nalar (lisan dan tulis).

e. Kemampuan Sains – teknologi (saintek).

Semua proses pembelajaran dan capaian indikator di bawah pengelolaan dan evaluasi Yayasan Darul Fattah dan tim penjamin mutu sekolah.

( Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri )

 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1567 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved