Pakai Kurikulum 2013, SMP Al Kautsar Bandar Lampung Ternyata Siapkan Kurikulum Tambahan

Agus Sugiarto menjelaskan bahwa kurikulum yang digunakan SMP Al Kautsar Bandar Lampung yaitu sesuai aturan pemerintah yaitu kurikulum 2013

Tribunlampungwiki.com / Resky ms
SMP Al Kautsar 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - SMP Al Kautsar Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah yang memiliki nilai UN tertinggi dan masuk dalam sepuluh besar di Bandar Lampung.

Agus Sugiarto, selaku Waka Bidang Kurikulum menjelaskan, bahwa kurikulum yang digunakan Bandar Lampung'>SMP Al Kautsar Bandar Lampung sesuai aturan pemerintah yaitu Kurikulum 2013 ditambah kurikulum tambahan.

"Mengenai kurikulum SMP Al Kautsar tetap menggunakan K13 dan bisa dikatakan wajib, selain kurikulum 2013 kita juga diperkuat dengan pembelajaran tambahan karena seperti misi kita yaitu unggul, islami dan global," terang Agus, Kamis (19/3/2022).

Menurutnya, kurikulum K13 tersbeut diperkuat dengan pembelajaran tambahan seperti tahfidzhul Quran, bahasa Inggris dan kegiatan ekstrakulikuler.

Adapun kegiatan ekstrakulikuler tersebut meliputi rohanis, pramuka, PMR, KIR, olah raga, drumband, seni musik, musik tradisional, seni tari, seni suara, wisausaha dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Pembelajaran tersebut didukung oleh sarana yang lengkap dan berkualitas.

Baca juga: Profil SMP Al Kautsar Bandar Lampung, Sekolah Islami yang Sudah Raih Akreditasi A

Baca juga: Program dan Fasilitas SMP Al Kautsar Bandar Lampung, Tawarkan Tiga Macam Kelas

Berikut Kegiatan Penunjang yang ada di Bandar Lampung'>SMP Al Kautsar Bandar Lampung, diantaranya yaitu:

1. Pesantren Kilat (Sanlat).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa dalam bentuk ibadah dan muamalah. 

Selama menjadi siswa SMP Al Kautsar siswa wajib mengikuti kegiatan pesantren kilat sebanyak tiga kali yaitu Sanlat Siswa Baru, Sanlat Eamadan dan Sanlat kelas IX.

2. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan MPLS tersebut bertujuan untuk mengenalkan sekolah emlalui kegiatan diantaranya yaitu ke Al Kautsaran, sekolah dan fungsinya, program pembelajaran, peran siswa dalam proses belajar, teknik dan cara belajar efektif serta penguatan akhlakul karimah.

Kegiatan ini bersifat wajib bagi siswa/siswi baru kelas tujuh.

3. Pemantapan Displin Siswa (PDS).

Kegiatan tersebut bertujuan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan kepada siswa, yang dimana kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dan bekerjasama dengan pihak instansi etrkait.

4. Study Wisata.

Kegiatan studi wisata bertujuan untuk mengimplementasikan pelajaran teoritis dan melihat langsung situs-situs purbakala dan tempat-tempat bersejarah di Indonesia, serta memberikan penyegaran bagi siswa kelas delapan yang telah mengikuti KBM semester ganjil.

5. Outdoor Study.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan ilmiah siswa dengan mengunjungi obyek-obyek ilmiah antara lain: pabrik, perusahaan, instansi pemerintah/ swasta, pemerbit/media massa dan obyek lain.

( Tribunlampungwiki / Resky Mertarega Saputri )

 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1553 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved