Mengetahui Bukti Peninggalan Bersejarah di Masjid Jami Al Anwar Bandar Lampung

Masjid Al Anwar ditetapkan sebagai masjid tertua di provinsi Lampung dengan penetapan yang tertuang dalam SK No.: Wh/2/SK/147/1997

Tribunlampungwiki.com / Resky ms
Bukti peninggalan bersejarah di Masjid Al Anwar 

TRIBULAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - Berikut peninggalan bersejarah di Masjid Al Anwar yang dikenal sebagai masjid tertua di Bandar Lampung.

Masjid Al Anwar ditetapkan sebagai masjid tertua di provinsi Lampung dengan penetapan yang tertuang dalam SK No.: Wh/2/SK/147/1997.

Rusdi mengatakan bahwa terdapat beberapa peninggalan kuno di Masjid Al Anwar yang masih tersimpan dengan baik seperti Al Quran kuno serta buku buku sejarah yang sudah berusia hampir dua abad.

Sebelumnya ada seseorang dari Malaysia mencari salah satu buku langka tentang ajaran Islam dan ia menemukannya di perpustakaan masjid ini.

"Salah satu bukti nyata yang bisa kita lihat sekarang ini terdapat Al Quran kuno dan beberapa buku sejarah Islam yang terdapat di Masjid Al Anwar ini," sebut Rusdi, kepada Tribunlampungwiki, Selasa, (2/3/2022).

Baca juga: Masjid Jami Al Anwar, Saksi Bisu Penyebaran Agama Islam Pertama di Lampung

Kata Rusdi, Al Quran dan buku sejarah tersebut disimpan dengan rapih di lemari kaca guna menjaga agar barang bersejarah tersebut tidak lenyap atau rusak.

"Kita simpan di lemari kaca seperti ini karena kertasnya itu bisa dikatakan sudah lapuk jadi kalau kita pegang sedikit takut nantinya bubar," tambahnya.

Diketahui Masjid Jami Al Anwar telah melakukan pemugaran atau renovasi besar-besaran sebanyak tiga kali. Selebihnya, tambal sulam perbaikan kecil di sejumlah titik kerusakan, sebagai langkah perawatan masjid.

Terakhir, pihaknya memperbaiki bagian atap masjid sekitar 2016 lalu.

Namun renovasi itu tetap mempertahankan ciri khas Masjid Jami Al-Anwar mengingat, masjid ini memiliki beberapa keunikan menonjol dibandingkan tempat-tempat ibadah umat Islam lainnya.

Keunikan yang utama masjid ini yaitu bagian depan, terdapat dua meriam ukuran sedang peninggalan zaman Belanda.

Baca juga: Masjid Al Abror, Salah Satu Masjid Tertua di Bandar Lampung Sejak Zaman Penjajahan

Masuk ke dalam, jemaah akan menjumpai enam pilar penopang bangunan masjid yang bermakna Rukum Iman, sistem pasak pada kayu atap masjid bertuliskan ukiran huruf Cina.

Namun saat ini kayu tiang tersebut sudah tidak dapat terlihat karena sudah ditanam dengan bangunan semen yang sebelumnya telah direnovasi.

( Tribunlampungwiki.com / Resky Mertarega Saputri )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1494 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved