Profil KUA Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung

KUA Kecamatan Tanjung Senang beralamat di Jalan Ratu Dibalau Gg Kelapa Puan No 33 Kelurahan Pematang Wangi, Tanjung Senang Kota Bandar Lampung

Tribunlampung.co.id/Reskymerta
Profil KUA Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - Profil Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung.

KUA Kecamatan Tanjung Senang beralamat di Jalan Ratu Dibalau Gang Kelapa Puan No 33 Kelurahan Pematang Wangi, Tanjung Senang Kota Bandar Lampung.

KUA Tanjung Senang merupakan salah satu dari 20 KUA Kecamatan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung.

Kepala KUA Kecamatan Tanjung Senang Mulyadi¬† mengatakan semula KUA tersebut merupakan pemekaran dari KUA Kecamatan Kedaton.

"Berawal dari pemekaran KUA Kedaton pada tahun 2004, akhirnya dipecahlah KUA Kedaton menjadi dua yaitu KUA Kecamatan Tanjung Senang dan Kedaton," kata Mulyadi, kepada Tribunlampungwiki.com, Senin, 13 Desember 2021.

Tipologi KUA Tanjung Senang Kota Bandar Lampung adalah Tipologi C, yaitu dengan estimasi peristiwa nikah di bawah 50 pasang setiap bulan.

Berikut, profil KUA Kecamatan Tanjung Senang.

Sejarah

KUA Kecamatan Tanjung Senang merupakan hasil pemekaran dari KUA di seluruh Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No.42 Tahun 2004 tentang pembentukan 342 Kantor Urusan Agama Kecamatan tanggal 18 Februari 2004.

KUA Kecamatan Tanjung Senang semula masuk dalam wilayah KUA Kec. Kedaton yang terdiri dari 5 Kelurahan yaitu :

1. Tanjung Senang.

2. Pematang Wangi.

3. Perumnas Way Kandis.

4. Way Kandis.

5. Labuhan Dalam.

"Yang saya ketahui awalnya tanah bangunan ini merupakan tanah wakaf, dimana wakaf tersebut diberikan untuk bangunan musala dan KUA," jelas Mulyadi.

Berdasarkan data monografi kecamatan Tanjung Senang tahun 2004, Bangunan KUA Tanjung Senang terletak di atas tanah wakaf dari Gimin (wakaf untuk musala Raudatul Mutaqin berbagi dengan KUA Tanjung Senang).

Belakangan, tanah tersebut diminta kembali untuk difungsikan sebagai tempat peribadatan.

Karena itu Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung telah mengadakan pembelian tanah untuk KUA Kecamatan Tanjung Senang.

Halaman selanjutnya

Data Peristiwa Nikah

...

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1388 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved