Biodata Haris Azhar yang Disebut Pernah Minta Saham Freeport ke Luhut Binsar Panjaitan

Biodata Haris Azhar, aktivis HAM sekaligus Direktur Lokataru, yang disebut pernah meminta saham Freeport ke Luhut Binsar Panjaitan.

Editor: taryono2019
kompas.com
Biodata Haris Azhar, aktivis HAM sekaligus Direktur Lokataru, yang disebut pernah meminta saham Freeport ke Luhut Binsar Panjaitan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Biodata Haris Azhar yang disebut pernah meminta saham Freeport ke Luhut Binsar Panjaitan.

Sebelumnya, Juniver Girsang, menyebut Aktivis HAM sekaligus Direktur Lokataru itu pernah meminta saham Freeport kepada kliennya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Hal tersebut disampaikan Juniver dalam tayangan bertajuk Kuasa Hukum Luhut: Haris Azhar Minta Saham Freeport - Kritik, Panik Enggak (Part 2) Mata Najwa di kanal Youtube Najwa Shihab pada Kamis (30/9/2021).

"Kalau punya iktikad baik apalagi Haris Azhar mengenal baik Bang Luhut, berkomunikasi bukan sekali. Dan itu perlu ditanya Haris Azhar, Haris Azhar pun pernah datang ke Bang Luhut meminta saham. Coba dicek sama dia, Freeport. Apa ceritanya? Tanya beliau. Nanti dia jelasin saham apa. Tanya dia," kata Juniver, tim kuasa hukum Luhut Binsar Panjaitan.

Atas tuduhan tersebut, Haris Azhar buka suara.

Haris meminta Juniver untuk tidak asal bicara dan menunjukkan bukti atas tuduhan tersebut.

"Emangnya saya siapa minta saham Freeport? Kalau ada dokumentasi bukti saya minta saham tersebut atau yang dimaksud, mohon disampaikan. Jangan asal bicara," kata Haris ketika dihubungi Tribunnews.com pada Kamis (30/9/2021).

Baca juga: Profil Jenderal Soedirman, Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia

Haris menjelaskan pada 4 Maret 2021 ia membantu dalam kapasitas kuasa hukum Forum Pemilik Hak Sulung masyarakat adat sekitar wilayah tambang Freeport Indonesia. 

Mereka, lanjut Haris, sejak divestasi saham Freeport Indonesia ke Inalum dijamin alokasinya tapi tidak jelas ke mana saham tersebut sampai saat ini. 

"Kami hubungi LBP (Luhut Binsar Panjaitan) karena dia posisinya sebagai Menko Investasi, kan masalah ini sejak awal dikawal oleh LBP. Jadi kami datang untuk meminta fasilitasi negara menyelesaikan alokasi saham tersebut yang tidak kunjung tuntas di area Papua," kata Haris.

Ia melanjutkan waktu itu yang menemuinya adalah salah satu pejabat di Kemenko Marves bernama Lambok dan bukan Luhut secara langsung.

Haris menegaskan memiliki dokumen lengkap terkait itu semua.

Sampai saat ini, lanjut dia, tidak diketahui apa kontribusi kantor Marves untuk soal saham masyarakat adat yang belum tuntas tersebut.

"So, statement kuasa hukum LBP tidak tepat kalau menuduh saya minta saham," kata Haris.

Biodata Haris Azhar

Haris Azhar lahir di Jakarta pada tanggal 10 Juli 1975.

Ia merupakan keturunan campuran antara India, Banjar, dan Makassar.

Ayahnya bernama Shabir Achmad (berprofesi sebagai pedagang) dan ibunya bernama Zubaedah (ibu rumah tangga).

Haris adalah anak bungsu dari empat saudara, dua perempuan dan dua laki-laki.

Pada waktu Haris kuliah di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, ia aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan kampus.

Sumber: Surya
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved