Biodata Vidya Rafika Atlet Menembak Indonesia

Pada Olimpiade Tokyo 2020 Vidya Rafika turun pada nomor lomba Air Rifle 10 meter dan 50 meter tiga posisi putri

Tribunnews.com
Biodata Vidya Rafika 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM - Biodata Vidya Rafika, atlet menembak Indonesia dan berlaga dalam Olimpiade Tokyo 2020 serta mencatatkan penampilan dalam Kejuaraan Dunia Menembak 2021 di India.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar 23 Juli hingga 10 Agustus 2021, Vidya Rafika turun pada nomor lomba Air Rifle 10 meter dan 50 meter tiga posisi putri.

Tak hanya itu, jelang penampilannya pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Vidya Rafika lebih dahulu mencatatkan penampilan dalam Kejuaraan Dunia Menembak 2021 di Delhi, India.

Baca juga: Profil Kimberly Ryder Aktris Cantik Blasteran Inggris Indonesia

Baca juga: Profil dan Sejarah Pasar SMEP, Pasar Tradisional di Jalan Tamin Bandar Lampung

Atlet yang memiliki nama lengkap  Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba ini lahir di Depok, Jawa Barat, pada 27 Mei 2001.

Bakatnya dalam bidang menembak ia dapat dari sang ibu yang juga seorang atlet menembak.

Gusti Ayu Indra Dewi, sang ibu, disebut meraih medali perunggu untuk kategori lomba 50 meter Rifle dalam gelaran PON 2011 di Riau.

Olahraga menembak mulai menarik perhatian Vidya ketika sang ibu sering mengajaknya menuju lapangan tembak di Senayan, Jakarta ketika berlatih secara rutin.

Akhirnya atlet dengan tinggi 161 cm tersebut mengikuti jejak sang ibu menjadi atlet menembak.

Olimpiade Tokyo 2020

Kesempatan tampil pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 didapatkan Vidya Rafika melalui penampilannya dalam gelaran Kejuaraan Menembak Asia 2019 di Qatar.

Baca juga: Profil Meli LIDA Penyanyi Dangdut yang Menjadi Juara LIDA 2020

Baca juga: Profil Alino Oktavian, Aktor Sinetron yang Meninggal Dunia karena Covid-19

Saat itu,  Vidya Rafika memperoleh skor 625,4 saat turun pada nomor 10 meter Rifle putri sehingga menempati urutan ke-14 pada babak kualifikasi.

Catatan skor milik  Vidya Rafika itu telah melampaui batas minimal skor kualifikasi Olimpiade dari Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF), yang ditetapkan sebesar 625.

Dengan meraih tiket tampil pada  Olimpiade Tokyo 2020Vidya Rafika mencatatkan sejarah sebagai atlet cabang olahraga menembak asal Indonesia.

Pasalnya, Vidya Rafika merupakan atlet pertama yang lolos menuju Olimpiade pada cabang olahraga menembak tanpa menggunakan status wildcard.

Tak hanya itu, jelang penampilannya pada ajang  Olimpiade Tokyo 2020Vidya Rafika lebih dahulu mencatatkan penampilan dalam Kejuaraan Dunia Menembak 2021 di Delhi, India.

Vidya Rafika, bersama dengan Monica Daryanti dan Audrey Zahra Dhiyanissa, mempersembahkan medali perunggu kategori 50 meter rifle tiga posisi beregu.

Raihan medali teersebut menjadi satu-satunya perolehan Indonesia dalam Kejuaraan Dunia yang berlangsung pada Maret 2021.

Pada ajang yang sama,  Vidya Rafika turun pada nomor 10 meter Air Rifle kategori individu serta menempati peringkat ke-9.

Sebelumnya, Vidya Rafika juga menjadi bagian dari tim Indonesia yang turun di cabang olahraga menembak Asian Games 2018 untuk nomor 50 meter Rifle tiga posisi.

Prestasi

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
1019 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved