Masjid Al Abror, Salah Satu Masjid Tertua di Bandar Lampung Sejak Zaman Penjajahan

Masjid Al Abror merupakan salah satu masjid tertua di Bandar Lampung yang menyimpan sejarah unik di masa kemerdekaan

Tribunlampung.co.id/Reskymerta
Masjid Al Abror merupakan salah satu masjid tertua di Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - Masjid Al Abror Bandar Lampung merupakan salah satu masjid tertua yang menyimpan sejarah yang unik di Lampung.

Terletak di Jalan Pemuda, Sawah Lama, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung, masjid ini menyimpan banyak sekali sejarah unik pada masa kemerdekaan.

Uniknya masjid bernuansa semi Eropa dan Arab ini ternyata merupakan masjid markas tempat berkumpulnya para pejuang Laskar Hisbulloh untuk melawan penjajah.

Bagaimana tidak terlihat dari bentuk kaligrafi, atap serta mimbar yang terbilang cukup langka bahkan terdapat sebuah bedug dan jam peninggalan masa Belanda.

Bedug tersebut diketahui sudah berada cukup lama di tahun 1980-an hanya saja pengurus masjid Al Abror merubah cat warna awal bedug tersebut.

Jam peninggalan masjid Al Abror tersebut memang tampak tua, terlihat dari ukiran dan bentuk jam tersebut.

"Jam ini terbilang sudah cukup lama karena pada saat pembangunan pertama masjid ini jam tersebut sudah ada, untuk jelaskan sekitaran tahun 70-an," jelas Ismail Abdullah kepada Tribunlampungwiki.com, Senin 10 Mei 2021.

Sejarah

Masjid Al Abror dibangun pada tahun 1912 dan sudah tiga kali mengalami pemugaran.

Masjid yang terletak di antara pasar dan pemukiman warga ini merupakan salah satu masjid tertua setelah masjid Jami Al Anwar yang berada di Teluk Betung.

Sumber: Tribun Lampung

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved