Cerita Ahmad Novindri Aji Sukma, Dapatkan Dua Program Beasiswa Sejak Kuliah

Pertualangan Aji menimba ilmu hingga negeri Paman Sam diawali dengan program Study of The United States Institute (SUSI) pada tahun 2013.

Penulis: Kiki Novilia
Editor: Ami Heppy
Dokumentasi Ahmad Novindri Aji Sukma
Potret pemuda berprestasi asal Lampung Ahmad Novindri Aji Sukma. 

TRIBUNLAMPUNGWIKI.COM, BANDAR LAMPUNG - Ahmad Novindri Aji Sukma adalah salah seorang advokat asal Lampung yang telah melanglang buana ke banyak negara.

Pria yang akrab disapa Aji ini berhasil menamatkan program magister hukumnya di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat dengan beasiswa LPDP.

Pertualangan Aji menimba ilmu hingga negeri Paman Sam diawali dengan program Study of The United States Institute (SUSI) pada tahun 2013.

Program yang kala itu ia ikuti ketika sedang menempuh studi S1 di Universitas Lampung, didanai penuh oleh pemerintah Amerika dan berlangsung di Ball State University selama lima minggu.

Bersama dengan 8 orang mahasiswa Indonesia dan 6 orang mahasiswa Malaysia lainnya, Aji belajar banyak tentang media dan jurnalistik.

"Kita belajar soal publishing, fotografi, recording, reporting, newscasting, cara buat artikel, dan lain-lain," katanya saat dihubungi Tribunlampungwiki.com lewat sambungan telepon, Selasa (14/4/2020).

Menariknya, ilmu yang didapatkan sejak 7 tahun lalu tersebut, masih sering ia amalkan hingga kini.

Aji aktif menulis artikel di berbagai penerbit taraf internasional seperti The Jakarta Post, The Diplomat, Asia Times dan lain-lain.

"Beberapa artikel seputar isu-isu anti korupsi, udah diterbitkan di sana," katanya.

Sukses menjalani program ke Amerika, Aji melebarkan sayapnya mengikuti program pertukaran pemuda antar negara (PPAN) ke India atau Asean India Students Exchange Program (AISEP).

Namun, ketatnya persaingan di AISEP yang hanya menyiapkan satu kursi dari sekian ratus pendaftar, membuat Aji gagal berkali-kali.

"Itu udah daftar yang ketiga kalinya," ungkapnya.

Tak patah arang, di tahun 2015 Aji kembali mendaftarkan diri.

Berbekal kegigihan yang ditunjang dengan segudang prestasi akademik, non akademik serta kegiatan sosial yang dilakukan, Aji akhirnya dinyatakan lolos.

Program yang berlangsung selama 10 hari tersebut memberikan banyak pengalaman baru baginya.

"Temanya waktu itu tentang entrepreneur, jadi kita berkunjung ke perusahaan, pasar, ke tempat-tempat wisata juga," ucapnya.

Dari program tersebut, ia mengetahui bagaimana kebudayaan, usaha serta sistem perekonomian di India.

Ahmad Novindri Aji Sukma

Kristian Adi Putra

(Tribunlampungwiki.com/Kiki Novilia).

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved